Macam / Jenis Garansi Smartphone Yang Perlu Diketahui

Article/tips/thread by Likesmedia and friends
Buat teman yang sedang mencari smartphone android Samsung Galaxy, Xiaomi, Asus Zenfone, Sony Xperia, Acer, Dell, LG, Huawei, Oppo atau handphone OS iPhone Apple, BlackBerry, Nokia Lumia,  HTC, Motorola perlu diketahui macam-macam garansi resmi/distributor seperti TAM, Trikomsel, SCM, SEIN, Parastar, B-Cell, Platinum, Bless, GMT, The One, BBM, Berrindo T-Cell & Q-Cell, WII, Royal, Immotech, Seven (7) Star, KSA dll.

Jenis-jenis garansi handphone & smartphone yang ada di Indonesia yaitu:
  1. Garansi Resmi - adalah jenis garansi yang berasal dari produsen selaku pemilik dan pemegang merk dagang di seluruh dunia. Tujuannya agar setiap pembeli merasa terjamin ketika produk mengalami kendala / kerusakan. Garansi resmi diberikan kepada perusahaan / distributor resmi di kota-kota besar untuk memasarkan produk dengan syarat dan ketentuan berlaku. Contohnya garansi resmi SES, SCM, MTS, Trio Trikomsel untuk iPhone, garansi resmi TAM & SCM (Erajaya), Comtech (Trikomsel) untuk Blackberry Indonesia, garansi resmi SEIN (Samsung Electronics Indonesia) untuk Samsung Galaxy, & garansi resmi Parastar untuk Nokia Lumia.
  2. Garansi Distributor - adalah macam/jenis garansi yang berasal dari agen yang membawa masuk produk ke Indonesia. Jika produk mengalami kerusakan, garansi akan ditangani oleh service center yang tertera di kartu garansi, bukan service center resmi. Kegiatan penjualannya juga bersifat legal karena membayar pajak serta mempunyai ijin Dirjenpostel Indonesia. Contoh garansi distributor B-Cell, Platinum, Bless, GMT, The One, BBM, Berrindo T-Cell & Q-Cell, WII, Royal, Immotech, Seven (7) Star, KSA dll.
  3. Garansi Internasional / Garansi Toko - merupakan macam garansi dari toko / penjual produk dengan durasi tertentu, sesuai dengan yang tertera pada info detail produk. Semua produk berlabel garansi internasional merupakan barang asli, namun tidak dilengkapi buku panduan (manual) berbahasa Indonesia. Garansi toko biasanya diberikan oleh reseller pada produk hp/smartphone black market (BM) yang dianggap baik/bagus kriterianya oleh toko/reseller.
Handphone/smartphone garansi resmi Comtech Trikomsel biasanya di jual oleh OkeShop & Global Teleshop. Sedangkan hp garansi resmi TAM di jual oleh Erafone.

trikomsel logo
Trikomsel

2 comments:

  1. Saya galau,hp saya ni dibyar pajak ap enggak, karna baca ini,saya jadi lebih tenang, mudah-mudahan memang benar bhwa garansi wii garansi yg byar pajak. Terimakasih banyak infonya gan..

    ReplyDelete
  2. Anonymous00:51

    gan kalo garansinya star mobile itu bagaimana itu garansinya garansi internasional atau bagaimana gan?

    ReplyDelete

Comments appear immediately.
Spam comments with anonymous name will be deleted.
You can use some HTML tags, such as <b> (for making text bold), <i> (for making text italicicized), <a> (for making links).
Thank you.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...